Manfaat Cincau Untuk Kesehatan

 

Nikmati Cincau Pas Dingin Biar Makin Seger

Tanaman cincau (Cyclea Barbata Miers) termasuk famili Menispermaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Cincau termasuk tumbuhan herbal yang merambat, tumbuhan liar disemak belukar atau pinggiran hutan ditempat terbuka. Batang tanaman ini berduri dan mempunyai panjang 2 meter bahkan sampai 16 meter. Daunnya berbentuk perisai, tetapi rata serta bergerigi atau berombak dan bagian bawah daun berbulu. Bunganya berwarna kuning kehijau-hijauan, sedangkan buahnya berupa buah batu yang berwarna merah. Bijinya keras dan berbentuk bulat telur. Nama lokal cincau adalah camcauh (Sunda), juju, tarawulu dan kepleng (Jawa).

Menurut penelitian, tumbuhan ini mengandung zat sejenis karbohidrat yang mampu menyerap air, sehingga daunnya menjadi padat. Selain mengandung karbohidrat, cincau mengandung sedikit cycleine, saponin, bisbenzilsokuinolin, sejenis alkaloid yang belum banyak diteliti seperti kardioplegileum, tentradine, isotentradine dan dimetil tetradine.


Manfaat Cincau

Cincau juga memiliki banyak kegunaan, diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Sebagai Pemenuh Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Pada umumnya, dalam satu sajian 270g cincau hijau memiliki kandungan 32 kalori, 3mg kolesterol, 190mg sodium, 7.5g karbohidrat, 0.5g protein, 20mg kalsium dan 0.3mg zat besi. Dengan kadar serat tinggi dan rendah kalori, mengkonsumsi cincau baik untuk menjaga kesehatan dan tentunya menjadi salah satu manfaat cincau untuk ibu hamil.


2. Sebagai Obat Radang Lambung

Kandungan vitamin C dan manfaat antioksidan dalam daun cincau akan membantu klorofil untuk menguatkan otot dinding lambung. Manfaat cincau untuk lambung ini dapat kita aplikasikan dengan cara mengkonsumsi rebusan daun cincau sebanyak 2 kali sehari.


3. Sebagai Obat Diabetes Mellitus

Untuk menstabilkan kadar gula dalam darah daun cincau memiliki kandungan senyawa berupa bisbenzilsokuinolin dan klorofil. Hal tersebut kemudian akan memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun cincau secara teratur, sebanyak 200ml 2 kali sehari.


4. Sebagai Obat Penyakit Hipertensi

Senyawa S-S tetradine juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Ambil daun cincau beberapa lembar, remas-remas dengan air sampai menghasilkan air berwarna hijau, biarkan semalam sehingga menjadi seperti agar-agar dan keesokan harinya dapat diminum bersama dengan gula jawa/gula merah (dapat diminum 2 kali sehari).


5. Sebagai Obat Anti Inflamasi

Cincau mengandung zat klorofil cukup besar pada daunnya. Zat klorofil ini dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi akibat dari bakteri atau kuman pada bagian tertentu. Daun cincau ini dapat ditumbuk dan diberi sedikit garam kemudian dioles pada bagian yang sakit 3 kali sehari.


6. Sebagai Obat Demam

Kandungan saponin dan manfaat antioksidan dalam daun cincau berperan untuk menurunkan demam. Caranya, ambil rimpang (akar) cincau, bersihkan dengan air, lalu iris sampai halus kemudian direbus dengan air. Hasil air rebusan dapat diminum 2 kali sehari.


7. Sebagai Obat Keracunan Akibat Seafood

Senyawa antioksidan di daun cincau dapat membantu orang yang mengalami keracunan seafood. Caranya, remas 5-10 lembar daun cincau hingga air yang dihasilkan berwarna hijau. Kemudian minum ramuan ini dengan menggunakan gula jawa.


8. Sebagai Obat Sakit Tipes

Senyawa tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan dari daun cincau dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi yang menderita penyakit tipes. Konsumsi rebusan daun cincau ini, sebanyak 3 kali sehari.

Posting Komentar untuk "Manfaat Cincau Untuk Kesehatan"

Back To Top