Pakai Blog Plan Biar Tambah Konsisten Ngeblog

Blog Plan

Pakai Blog Plan – Pernahkah kamu kepikiran jika semua pekerjaan yang bisa selesai sesuai jadwal akan terasa lebih menyenangkan. Nah, tidak hanya masalah pekerjaan di dunia bloging pun kalau apa yang kamu targetkan sesuai bakalan lebih terasa semangat untuk lanjut postingan berikutnya.

Nah, kalau kamu yang punya rutinitas ngeblog biar semua sesuai target kamu maka segeralah gunakan ini. Ya, ini dia Blog Plan. Semua hal rumit akan semakin mudah diselesaikan jika direncanakan.

Dengan adanya blog plan ini kamu yang biasa suka lupa waktu buat artikel baru langsung bisa ingat dengan jadwal yang terpampang jelas disini. Lengkapnya baca aja dulu, nanti juga kamu paham.

 

Apa itu Blog Plan?

Artikel ini sebenarnya lanjutan dai artikel sebelumnya sih. Ya itu, artikel tentang Kelas BRT Network. Nah, sekarang ini lanjut tugas buat artikel yang keduanya tentang Blog Plan.

Jadi, blog plan itu bisa dibilang seperti alat pengingat kita, udah itu aja. Kalau kamu yang nggak pakai planning biasanya kamu bakalan kebablasan dan melewati date line yang udah di tentukan. Tapi kalau kamu punya planning yang tepat pasti gak bakalan kelewat lagi.

Sama aja deng, kalau kamu nya gak lihat blog plan yang kamu buat. Nggak jelas banget!

Intinya begini, dengan kamu membuat blog plan maka blog kamu akan sedikit terarah. Mulai dari tujuan blog yang ingin dicapai, jadwal membuat artikel, penentuan ide, dan lain-lain.

 

Kegunaan Pakai Blog Plan

Kalau tanya soal kegunaan, kegunaan yang paling cocok itu kayak di judul artikel ini. Pakai Blog Plan Biar Tambah Konsisten. Kenapa bisa konsisten? Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa kamu terapkan jika kamu menggunakan blog plan. Diantaranya adalah:

  1. Lebih konsisten, pastikan kamu sudah memasang jadwal di blog plan kamu. Dengan pasang jadwal ini kamu udah bisa mengira-ngira jika sudah mendekati date line.
  2. Dapat ide langsung tempel, tempel kemana? Tempel di catatan kamu lah. Jadi, misalkan kamu dapat ide menarik yang bisa kamu jadikan tulisan buruan itu ide di catat kemudian pasang di jadwal blog plan.
  3. Gak kelamaan mikir, pernah bayangin kamu punya ide hari ini besok lupa. Oke, biar gak lupa langsung garap tulisannya. Serius! Sulit sekali itu bro.

Sebagai contoh nyata, aku buat artikel ini gak pakai plan sama sekali. Rasanya luar biasa, luar biasa bikin puyeng. Tepat di kalimat ini, aku sudah menghabiskan sekitar tiga jam lebih cuman mikir apa yang mau aku ketik lagi.

Lalu ku seruput kopi di pojok meja dan ku baca ulang artikelku tentang filosofi kopi. Dalam pikirku padahal kalau saja plan artikel ini sudah aku siapkan gak se-rumit ini. Kan kalau udah begini tulisan jadi berantakan.

Maaf ya para coach, tulisannya jadi berantakan!!!

 

Contoh Blog Plan Buatanku

Sebenarnya gaya blog plan buatan aku itu pakai metode manual. Yaps, metode buku dan pulpen. Karena ide itu bisa muncul kapan saja dan dimana saja, jadi cara manual itu paling oke lah pokoknya.

Walaupun ada smartphone, tapi buku tetap selalu dihati. Padahal aku lebih suka manual, karena banyak kesempatan pakai pensilku. Sudah tahu kenapa lebih aku lebih menyukai pensil? Baca aja dulu artikel tentang Manfaat dari Sebatang Pensil ini.

Tapi, karena ini untuk bahan artikel jadi aku modifikasi sedikit pakai kekuatan desain grafisku. Dengan memakan waktu kurang lebih dua jam ini dia hasil yang aku buat.

 

Weekly Blog Planer

Gambar diatas ini contoh blog plan mingguan yang aku buat khusus dari hari Senin sampai Sabtu ini. Isinya tentu saja bukan cuma buat isi konten ya, karena didalam blog yang penting bukan cuma konten. Tapi ada hal lainnya yang juga perlu di perhatikan pada blog.

 

Blog Planner For 2022

Nah, yang berikutnya ini target buat satu tahun kedepan, maksudnya buat tahun depan. Beda sama mingguan yang Targetnya pakai hari. Untuk yang satu tahun ini aku nggak pakai target perbulan, tapi langsung target utama satu tahun.

Hanya saja aku juga menyertakan evaluasi tiap tiga bulan sekali. Tujuannya supaya aku bisa buat prediksi buat tiga bulan kedepan, dan tentunya bakal ada catatan kecil tentang progress di tiga bulan pertama.

 

Apa Kata Teman Grup?

Selain membuat konten tentang blog plan, tugas kelas Kelas BRT ini juga menceritakan tentang keaktifan grup kecil yang telah di bentuk oleh para coach. Dan di grup yang aku tempati, terdapat lima anggota termasuk aku sendiri.

Ada mbak Novita Violita dan mbak Shafrida Alandrian yang orangnya paling cekatan di grup. Jadi, apa-apa yang dibutuhkan grup kecil dari grup utama se-segera mungkin dipindahin ke grup kecil supaya tidak tenggelam.

Kemudian ada mbak Purnama Indah yang orangnya itu teliti banget, sampai-sampai blog plan aku kena evaluasi gara-gara kesalahan ketik. Dan juga masalah poin dari blog plan tahunan. Jadi merasa beruntun karena sudah dikoreksi sebelum di publish.

Lalu yang terakhir ada mbak Palupi yang orangnya punya komitmen dan mempertimbangkan sesuatu dengan matang, menurutku loh ya. Terlihat pas kami coba memperbaiki template blognya. Dia selalu mastikan kalau blognya gak bakal kenapa-kenapa.

Sedangkan untuk blog plan yang mereka sajikan, sangat-sangat menarik semua. Tentunya dengan gaya dan ciri khasnya masing-masing loh ya.

 

Akhir Kata …

Membuat sebuah perencanaan itu sangatlah penting, tidak hanya pada dunia bloging. Dalam dunia kerja sekalipun membuat jadwal perencanaan dapat memaksimalkan hasil yang diinginkan. Bahkan dalam kepanitian sekalipun juga ada yang namanya perencanaan.

Maka sudah menjadi suatu keharusan jika ingin menggeluti bidang menulis terkhusus blogger wajib hukumnya menggunakan blog planning. Agar di tengah kesibukan yang cukup padat sekalipun kamu tetap bisa membuat blok kamu terlihat aktif. Itu juga berlaku pada Blog Tanpa Nama ini.

Ada yang kurang? Monggo di komen.

 

Amat Victoria Curam
(Victoria Loves Preparation)
(Kemenangan butuh Persiapan)

Jangan terlalu berharap artikel ini bermanfaat. Tapi, terima kasih buat kamu yang sudah nyempatin waktu buat baca artikel ini.

15 komentar untuk "Pakai Blog Plan Biar Tambah Konsisten Ngeblog"

  1. Selama ini nulis ya nulis aja gitu yaa... ngga pake plan2an. Ternyata mau jadi blogger yang profesional itu harus ada plan yg tersusun rapih. MasyaAllaah peer banget ini. Alhamdulillaah dgn ulasan ini bisa sekalian belajar. Terimakasih sharingnya, mbk....

    BalasHapus
  2. Blog plan ini belum saya terapkan dalam ngeblog, padahal manfaatnya banyak ya, salah satunya biar konsisten dalam menulis dan membangun blog agar memiliki tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang.

    BalasHapus
  3. ngiriiii

    pingin banget ikutan kelas BRT Network.

    sayang gak lolos, hiks

    BalasHapus
  4. Semoga dimudahkan dalam menjalankan blog plannya ya, kakak. Konsisten dalam menjalankannya itulah tantangannya. Walaupun terkadang ada aral melintang, kakak bisa terus bergerak dan menginspirasi lewat tulisan ya, aamiin

    BalasHapus
  5. Bener banget tuh kak kalo blog plan emang penting banget ya selama ngeblog karena biar mudah dalam evaluasi dan melakukan kegiatan blogging. Jadi tahu mana yang kurang dan harus dilengkapi. Mantul banget infonya, makasih ya kak..btw, aku seringnya mah kondisional dalam ngeblog jarang pake blog plan hehe. Next time pengen coba nih.

    BalasHapus
  6. Aku juga masih nyaman bikin blogplan pakai manual di buku mba. Bisa Corat coret sepuasnya. Cuma aku bikinnya biasanya untuk kegiatan mingguan. Yang tahunan dan target-targetnya belum. Sepertinya di akhir tahun gini jadi kesempatan bagus untuk mulai bikin ya, thanks for sharing

    BalasHapus
  7. Daku pernah membuat blog plan, tapi gak konsisten haddeh. Kudu berubah nih biar bagus blognya

    BalasHapus
  8. Blog plan menjadi salah satu aktifitas ngeblog menjadi terarah ke depannya

    BalasHapus
  9. saya juga mulai membuat blog plan nih kak, seru banget lho bikinnya dan juga bisa nge track kita untuk tetap produktif dg jadwal yang udah kita bikin sendiri

    BalasHapus
  10. Mantap blog plannya..
    Semoga terwujud semua ya mas..
    He eh bener suka kedistraksi kalau ga ada planning...
    Mau nglakuin apa jadinya apa..hehe
    Kalau ada planning jadi tidak salah arah..

    BalasHapus
  11. Keren blog plannya, simpel tapi mantap, mangat ya kak untuk terus ngeblog. Moga makin konsisten

    BalasHapus
  12. Terus semangat optimalin blog di tahun mendatang ya Mas. Buat blog plan memang jadi lebih terarah apa yang akan dilakukan.

    BalasHapus
  13. Blog Plan ini penting diterapkan sama para blogger biar rutin dan konsisten ngeblognya yaaa

    BalasHapus
  14. wah iya, membuat blog plan akan bisa konsisten menulis di blog ya mbak

    BalasHapus
  15. Bersama blog plan selama 1 tahun jadi punya tujuan menulis dengan arahan yang jelas tinggal narasi yang kita buat harus kreatif dan inspiratif

    BalasHapus
Back To Top