Sudahkah Kamu Ngopi Hari Ini?

Sudahkah Kamu Ngopi? – Ngopi adalah sebuah kegiatan dan aktivitas yang paling aku sukai. Baik itu ngopi pahit atau ngopi paste. Kalau yang menyukai bahasa sastra biasanya mereka bakal bilang begini.

Ngopi adalah sebuah ungkapan rasa yang mendalam demi mencari sebuah kenyamanan, perasaan santai dan merefleksikan diri dari aktifitas sehari-hari yang sedang digeluti. Jadi, saat kamu ngopi rasanya itu seperti kita sedang menikmati sebuah proses kehidupan. Semakin dalam kita menikmati secangkir kopi, semakin dalam juga rasa yang terkandung didalamnya.

Sedikit mengutip dari buku fiksi punya mbak Dewi Lestari yang berjudul Filosofi Kopi, ada kalimat begini “… kopi yang punya arti: kesuksesan adalah wujud kesempurnaan hidup!”. Jadi, kesannya itu kalau ngopi seperti menikmati kesempurnaan hidup. Sederhanya begini, “ngopi dulu, biar tahu kalau hidup nggak selalu manis, tapi kadang juga ada pahitnya, kayak kopi."

Sudahkah Kamu Ngopi?

Jadi, Sudahkah Kamu Ngopi?

Pahamilah bahwa yang bakalan kamu nikmati dari secangkir kopi itu rasa pahit yang terkandung dalam kopi. Bukannya rasa manis akibat banyaknya kamu menambahkan gula. Sama seperti filosofi kehidupan bukan? Bahwa hidup nggak selamanya manis, tapi juga terkadang harus ngerasa in betapa pahitnya kehidupan.

Ahh.. sayangnya pahitnya hidup itu, nggak se-nikmat pahitnya kopi. Kopi pahit memang lebih berasa, tapi menambahkan sedikit gula juga bisa membuat kenikmatan tersendiri. Jadi, buat kamu yang sekarang lagi dalam kehidupan yang pahit, cobalah sedikit menambahkan gula agar bisa sedikit kamu nikmati.

Lah, gulanya kehidupan apa ya? Banyak yang bisa jadi jawaban kamu, tergantung kamu orang yang seperti apa. Bisa kamu menambahkan gula kehidupan dengan selalu berpikir positif (positive thinking) atau dengan cara lebih sering tersenyum.

 

Emang Bisa?

Lah, udah dijelasin berkali-kali masih nanya emang bisa. Balik lagi sama filosofi Kopi dan Gula ya. Kalau kopi itu melambangkan kehidupan, yang kadang juga pahit. Maka gula adalah cara buat kamu yang merasa terlalu berat kalau hanya menikmati kopi pahit. Makanya tambahin gula pada kopimu biar kamu paham.

Berpikir positive dalam hidup itu bisa dibilang sama kayak gula dalam kopi. Kamu bisa menyesuaikan gula sesuai selera kamu, karena kalau kebanyakan kopi kamu malah jadi enek. Sama seperti positive thinking, kamu boleh selalu berpikir positive tapi harus dalam tingkat wajar dan tentunya sesuai dengan kemampuan kamu.

Kan nggak mungkin kamu punya pikiran positive kayak begini:

Kerjaan kamu cuma tidur-tiduran, scroll Instagram nggak jelas, malas-malasan. Tapi bikin status WhatsApp “Semua Akan Indah Pada Waktunya”.

Woy,, Cok, tangi-tangi, lak mu turu kui miring.

Jadi, sesuaikan kalau bisa katakan bisa. Kalau nggak bisa ya setidaknya ada usaha, jangan cuma tiduran aja.

Kurang lebih kayak menambahkan gula dalam kopi, tersenyum itu bagus, tapi kalau kamu kebanyakan senyum, mungkin kamu dianggap kurang waras. JADI, SEWAJARNYA SAJA.

 

Belum 600 Kata

Astagfirullah.. belum tembus 600 kata, jadi bingung mau ngetik apa lagi.

Kasih tambahan lah, buat kamu yang suka ngopi rajin-rajin lah kamu ngopi. Biar hidupmu nggak tawar melulu. Eitz.. sekali-kali ngeteh juga boleh, biar tahu kalau hidup ini nggak Cuma pahit tapi kadang juga ada sepet-sepetnya. Dan buat perokok, mungkin bakalan lebih nikmat kalau waktu kamu ngopi bisa bersanding dengan rokok. Cuma aku nggak bisa buat kata-kata tentang rokok ya, karena aku bukan perokok.

Tapi yang pasti, buat kamu yang perokok pemula, yang baru ikut-ikutan atau sekedar ikut tren. Bagusnya kamu berhenti, karena nggak ada gunanya kalau merokok hanya karena ikut-ikutan biar kelihatan keren. Nggak enak juga kalau mereka yang gunain rokok buat cari ide-ide atau inspirasi tahu kamu merokok cuma gara-gara pengen kelihatan keren.

 

Akhir Kata …

Akhirnya, sudah bisa sampai 600 kata lagi. Karena sudah 600 kata jadi cukup sampai disini aja postingannya. Selain udah 600 kata, aku juga udah mulai pusing mau merangkai kata apa lagi.

Aku itu kayak Kopi, udah hitam, pahit lagi.
Tapi, BANYAK YANG SUKA.
Jangan terlalu berharap artikel ini bermanfaat. Tapi, terima kasih buat kamu yang sudah nyempatin waktu buat baca artikel ini.

1 komentar untuk "Sudahkah Kamu Ngopi Hari Ini?"

  1. Saya suka ngopi yang pake krim dan susu. Nggak gitu suka kopi pahit

    BalasHapus
Back To Top