Rekomendasi Platform Pelatihan Prakerja Terbaik 2022

Online learning

Apalagi dengan estimasi waktu belajar yang hanya 30 hari tentunya kalau tidak dipersiapkan dari awal bakal membuat kamu bingung. Sambil menunggu lolos atau tidaknya melalui prakerja dashboard, kamu dapat mulai merencanakan kursus-kursus yang cocok dan ingin kamu ikuti.

Namun sebelum itu, mungkin ada juga sebagian dari teman-teman yang gagal mendaftar Kartu Prakerja gelombang 24 karena berbagai alasan. Misal seperti kurangnya pemahamana tentang syarat-syarat pendafaran atau yang lainnya. Maka dari itu, sebelum kita lanjut ke pembahasan tentang rekomendasi platform pelatihan prakerja kita ulas singkat terlebih dahulu tentang apa itu Kartu Prakerja.

Apa itu Kartu Prakerja?

Dilansir dari website resmi Prakerja.go.id Program Kartu Prakerja merupakan sebuah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk para pencari kerja. Baik itu pekerja yang terkena PHK (Pemutus Hubungan Kerja), maupun pekerja yang ingin meningkatkan kompetensinya. Termasuk didalamnya pelaku UMKM.

Sedangkan dalam pelayannya, program untuk pelatihan Prakerja ini menggunakan jalan digital. Dimana dengan metode seperti online learning, belajar online, atau e-learning ini lebih memudahkan pengguna dalam mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi.

Syarat Kartu Prakerja

Buat kamu yang tertarik untuk mendaftar Prakerja di gelombang selanjutnya, pastikan kamu pahami dulu Syarat Kartu Prakerja berikut ini, agar nanti tidak lagi bingung saat ingin melakukan pendaftaran. Berikut syarat-syarat yang wajib kamu penuhi.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas,
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal,
  • Sedang mencari kerja, baik itu pekerja yang terkena PHK maupun pekerja yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi,
  • Tidak sedang menerima bantuan sosial lainnya selama pandemic Covid-19,
  • Bukan Pejabat Negara, baik itu anggota DPRD, ASN, TNI/Polri, Perangkat desa, maupun pejabat penting pada BUMN atau BUMD,
  • Dalam 1 KK maksimal 2 NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Prakerja

Nah, setelah kamu memastikan syarat-syarat di atas tidak ada yang terlewat maka kamu bisa langsung melakukan pendaftaran. Untuk cara daftar Prakerja pertama, yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs resminya di http://dashboard.prakerja.go.id/.

Lakukan pendaftaran dengan mengisi data diri kamu dengan benar. Siapkan e-mail, nomor HP, NIK, dan KK. Jangan lupa juga untuk mem verifikasi akun kamu dengan mengunjungi tautan yang dikirmkan melalui email.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja

Sudah tahu kan cara mendaftar Prakerja? Selanjutnya kita tunggu sampai kamu berhasil lolos, karena setelah lolos kita akan mendapatkan saldo sebesar 1 juta rupiah. Yang mana saldo ini harus kita gunakan dalam jangka waktu 30 hari dengan membeli dan mengikuti pelatihan Prakerja di berbagai kelas Online learning yang sudah disediakan.

Bagaimana cara mengikuti pelatihan Prakerja tersebut?

Untuk mengikutinya kamu dapat melakukannya dengan berbagai platform e-learning yang tersedia dan bekerja sama dengan program Kartu Prakerja ini. Jangan lupa untuk selalu memilih kelas Prakerja sesuai keinginan dan mengikutinya hingga selesai ya. Karena setelah selesai kamu akan mendapatkan sertifikat dan insentif Prakerja sebesar 600 ribu selama 4 bulan.

Belajar Online dengan 5 Platform Pelatihan Prakerja Terbaik

Ada banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk mengikuti pelatihan Prakerja. Nah, berikut ini 5 platform e-learning di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi buat kamu.

1. QuBisa

Manfaat Kartu Prakerja

Pertama, ada platform QuBisa. Platform satu ini sangat cocok buat kamu yang ingin hemat tapi tetap dapat kelas yang dapat meningkatkan keterampilan. Terdapat dua kelas pelatihan Prakerja yang bisa kamu beli di sini.

Pertama, Kelas Membuat Wesite dengan Wordpress untuk Menjadi Desainer Website. Pada kelas ini kamu akan diajarkan bagaimana cara menggunakan WordPress untuk membangun website. Tentunya materi-materi yang diajarkan hanya diketahui oleh para profesional, seperti Page Builder atau Shortcode. Maka jangan kaget jika kamu lulus kelas ini bakal bisa membuat website modern.

Kedua, Kelas Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan untuk Supervisor Kantor. Dengan mengikuti kelas yang satu ini diharapkan nantinya kamu bisa menjelaskan dan menerapkan prinsip dalam kompetensi dasar strategi organisasi. Sangat cocok buat kamu yang ingin meniti karir di dunia perkantoran.

Selain Kelas Prakerja, terdapat pula kelas webinar yang nggak kalah keren loh. Ingin tahu lebih lengkap? Kunjungi langsung website resminya di https://qubisa.com atau dengan mengunduh aplikasi QuBisa pada link dibawah ini.

2. Cakap

Kartu Prakerja

Cakap juga merupakan platform pelatihan Prakerja yang tak kalah keren. Sedikit berbeda dengan platform-platform serupa, Cakap memiliki keunikan tersendiri. Di saat kebanyakan pelatihan di khususkan pada era digital, Cakap hadir dengan berbagai pilihan peatihan yang unik.

Misal seperti kelas Menjadi Pengusaha UMKM di Bidang Kuliner atau kelas Belajar Menanam Sayur Dengan Sistem Hidroponik Untuk Petani Sayur. Unik bukan? Ketika yang lain berlomba-lomba dengan kelas digital, Cakap punya kelas untuk kita yang berminat untuk menjadi Petani Modern.

3. Pijar Mahir

Online learning

Pijar Mahir hadir sebagai platform resmi dalam mendukung program Kartu Prakerja untuk up-skilling dan re-skilling. Pijar Mahir lebih berfokus pada pelatihan tersertifikasi untuk pendidikan vokasi dan profesi.

Sama seperti platform pelatihan Prakerja yang lain, Pijar Mahir juga hadir dengan berbagai macam kelas, mulai dari kelas digital, kantoran sampai kelas kuliner. Selain itu, Pijar Mahir juga memiliki kelas luring yakni kelas offline buat kamu yang kesulitan untuk ikut kelas secara online.

4. Skill Academy

Belajar Online

Skill Academi adalah platform pelatihan Prakerja yang dikembangkan oleh Ruang Guru. Ada banyak pilihan materi yang dapat kamu pilih di Skill Academy ini. Seperti kelas Finance, kelas marketing, kelas development, kelas teknologi dan banyak pilihan kelas lainnya.

Selain dibimbing oleh instruktur yang profesional, di Skill Academy ini juga terdapat instruktur dari kalangan artis atau public figur. Seperti Gita Savitri, Ivan Gunawan, hingga Nicholas Saputra.

5. Karier.mu

e-learning

Karier.mu merupakan platform yang dikembangkan oleh Sekolah.mu. Platform satu ini menyediakan berbagai program pelatihan Prakerja. Banyak tersedia kelas-kelas yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minat kamu. Mulai dari tema teknologi, perkantoran sampai pengembangan diri.

Akhir Kata …

Sudah tahu apa itu Kartu Prakerja dan cara mendaftar Prakerja bukan? Itulah beberapa ulasan singkat tentang Kartu Prakerja dan platform yang cukup recommended buat kamu yang ingin mengikuti pelatihan Prakerja.

Tentunya banyak sekali manfaat kartu Prakerja ini, mulai dari insentif Prakerja yang bisa kamu dapatkan untuk memulai usaha selama 4 bulan berturut-turut. Itu baru soal insentif, belum lagi soal skill yang kamu dapatkan. Tentunya jika disandingin dengan pendidikan formal kamu manfaat kartu Prakerja ini akan lebih berasa. Formal dapat ijazah, Prakerja dapat Sertifikat.

Kurang Apalagi Coba? Gass… Daftar…


19 komentar untuk "Rekomendasi Platform Pelatihan Prakerja Terbaik 2022"

  1. Melatih skill yang dipunyai sekarang tidak terbentur dengan masalah tempat lagi ya kak. Ada banyak ruang yang bisa dipakai untuk belajar secara online. Terima kasih kak informasi Platform Pelatihan Prakerja Terbaik tersebut

    BalasHapus
  2. Seru banget klo ikutan pelatihan prakerja
    banyak ilmu baru yg bisa didapatkan
    beneran upskill ya, bisa dapat banyak benefit nih

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak ya platform pekatihan2 prakerja seperti ini. Anak2muda kita semakin dibuat mudah dalan meningkatkan skill.

    BalasHapus
  4. Saya pernah nyoba daftar belum lolos terus untuk mau ikutan kartu pra kerja ini. Daftar saat pandemi kemarin sedang tingi-tingginya. Baca ini jadi mau mencoba lagi. Soalnya mau dapat sertifikat untuk sebuah kemampuan ini menarik

    BalasHapus
  5. Yang lalu udh sempet daftar. Tapi ditahap mana gitu ngga ada balasan lagi. Ngga dpt email lagi lalu lupa lagi sampe sekarang. Bisa diulang ngga ya....

    BalasHapus
  6. Dibuka lagi ya untuk pendaftaran pra kerja, aku daftar 2 kali tapi belum rejeki, noted banget nih semua platfrom aplikasi e- learningnya

    BalasHapus
  7. Wah Pelatihan Prakerja ya, kebetulan saya mantan gelombang 2 pas awal-awal dulu banget. Saya ambil yang skill academy di bidang jurnalis dan menulis, alhamdulillah bermanfaat banget kelas onlinenya!

    BalasHapus
  8. ternyata banyak ya?

    platform pelatihan kerja sangat menguntungkan, gak hanya untuk fresh graduate, juga untuk yang sudah bekerja, agar ketrampilan mereka semakin ditingkatkan

    BalasHapus
  9. Program Prakerja ini memang sangat membantu pesertanya untuk dapat menambah dan mengembangkan ilmu serta skill. Ditambah banyaknya platform pelatihan yang berkualitas seperti Skill Academy dan platform pelatihan lainnya.

    BalasHapus
  10. Bagi yang mau daftar ataupun sudah lolos nggak bingung lagi ya mau ikut pelatihan di mana, masing-masing punya kelebihan. Tinggal membandingkan dan menentukan pilihan

    BalasHapus
  11. banyak banget ternyata platform belajar ya, tinggal pilih yang sesuai dengan apa yg kita butuhin, tinggal belajar , dapat ilmu, langsung pinter deh ya

    BalasHapus
  12. Setiap platform ternyata memiliki keistimewaan masing-masing ya. Tapi ada 1 yang saya baru tahu yaitu CAKAP. Spesifikasinya bagus nih. Mengajak kita untuk menjadi entrepreneur yang bersentuhan dengan alam (menjadi petani). Jarang sekali loh tawaran keilmuan seperti ini. Karena biasanya berkebun itu dipelajar otodidak, dari mulut ke mulut saja, bahkan menggali ilmu lewat media sosial.

    BalasHapus
  13. Dulu saya waktu ikut program prakerja pilihan pelatihan jatuh pada pijar, keren ya soalnya mudah di ikuti.

    BalasHapus
  14. Cakap sama Pijar Mahir baru say atau nih. Kalau yang lainnya sering baca dan banyak iklannya hehehe...
    Terimakasih semua rekomendasi nya emang bagus bagus ya

    BalasHapus
  15. Pernah mengikuti webinar seperti Qubisa, konsistensi isi materi dan nara sumber cukup bagus

    BalasHapus
  16. Jadi pengen ikutan updrade skill pake platform QuBisa. Kayaknya asih dan seru nih bisa belajar dan milih skill yang aku butuhkan

    BalasHapus
  17. Kartu prakerja itu membantu banget buat nambah skill dalam dunia kerja, apalagi saat pandemi dan banyak pekerja yang dirumahkan kemaren, bener2 bermanfaat buat banyak orang

    BalasHapus
  18. Beberapa platform pelatihan kerja di atas ada yg aku tahu sih. S3bagian baru denger tapi lum aja ada kesempatan ini buat ikut. Soon daftarlah.

    BalasHapus
  19. QuBisa dan Skill Academy udah pernah ikutan kelasnya. Yang lainnya belum ikutan. Emang bagus sih ikut pelatihan kaya gini buat upgrade diri

    BalasHapus
Back To Top