Kelas BRT Network, Tempat Kursus SEO Gratis Terbaik

Cari Tempat Kursus SEO Gratis Terbaik, BRT Network Cocok Nih

Tempat Kursus SEO Gratis Terbaik Postingan ini bukan iklan ya, cuma mau ngasih tahu tentang Kelas BRT Network. Yang kurang lebih sudah aku ikuti selama seminggu ini. Sebenarnya bukan tempat kursus sih, tapi ilmu yang didapat itu bisa dibilang sudah kayak tempat kursus.

Aku sendiri nggak tahu bagaimana ceritanya bisa ikut masuk di Kelas BRT Network ini. Tapi yang pasti aku dapat info dari teman untuk gabung di kelas gratis ini. Tanpa pikir panjang langsung ku isi form registrasinya dan "selamat kamu lolos seleksi".

Nah, makanya untuk postingan ini pengen sedikit berbagi pengalaman selama seminggu aku ikut Kelas BRT Network ini. Sialnya aku sudah terlanjur pakai kata kunci tempat kursus SEO gratis Terbaik, jadi dengan terpaksa aku harus buktikan. BIsa dibilang kelas gratis non-kursus, tapi rasanya kayak dapat kursus gratis terbaik (fremium rasa premium lah).

 

Apa Itu Kelas BRT Network?

Cari tahu tentang Kelas Gratis BRT Netwok

BRT itu kependekan dari Blogger Ruang Tunggu, nggak tahu filosofinya apa tapi intinya Kelas BRT Network itu kelas gratis buat kamu yang pengen optimasi blog lagi. Walaupun gratis tapi ilmunya nggak kalah sama yang bayar loh. Makanya bisa aku bilang kalau Kelas BRT Network itu sudah kayak tempat kursus SEO terbaik.

Di kelas BRT Network ini kita-kita para peserta dari yang paham ngoding sampai yang buta koding dibimbing sama para mentor-mentor yang cukup tegas. Tapi, juga cukup friendly. Jadi, peserta kelas ini nggak harus paham koding yang kalau dilihat udah kayak bahasa dari planet asing. Kamu yang tidak paham sama sekali juga punya kesempatan lebih buat ikutan.

 

Tempat Kursus SEO Gratis Terbaik?

Tempat Kursus SEO Gratis Untuk Pemula (freepik.com)

Aku nggak tahu di bagian ini mau nulis apa. Tapi, ya kenyataannya memang seperti itu. Kelas BRT Network ini bener-bener tempat yang cocok buat kamu yang pengen optimasi blog tapi juga pemburu gratisan. Alasan dari mana coba?

Pertama, yang buat jadi tempat kursus SEO gratis itu karena memang nggak dipungut biaya sama sekali. Lawong syarat buat ikutan gabung ke kelas ini cuma harus punya blog dengan domain TLD dan minimal sudah ada tiga postingan di dalam blog. Itu aja, nanti dari tim BRT akan menyeleksi siapa-siapa yang lolos buat ikut kelas.

Kedua, sama kayak kelas-kelas SEO lainnya. Kita bakal di ajarin bagaimana cara optimasi SEO blog. Mulai dari tugas pertama memastikan SSL blog kita udah aktif apa belum. Kemudian tugas kedua mulai dari mengatur OpenGraph yang baik dan benar, sampai susunan heading yang SEO friendly. Itu dasar-dasar SEO semua loh, jadi boleh kan kalau aku bilang tempat kursus SEO gratis terbaik?

 

Coach Bagaimana?

Biar agak kekinian pakai Coach ya, walaupun aku juga baru tahu kalau coach itu nama lain buat mentor (serius baru tahu pas ikut kelas ini). Kalau menurut pendapatku mentornya profesional semua. Mereka bisa buat peserta yang nggak serius langsung cabut dari kelas. Kalau dalam materi organisasi yang aku ikuti masuk di materi “Pelurusan Motivasi”.

Jadi, buat kamu yang nggak serius, nggak usah ikutan cuman menuh-menuhin grup kelas aja. Karena Kelas BRT ini antara Kelas Blogger Ruang Tunggu atau Kelas BeRaT. Pastinya berat buat kamu yang nggak punya keseriusan ya.

Mentor di kelas BRT Network juga nggak cuman satu, ada enam orang yang siap membimbing peserta-peserta yang budiman ini.

  • Ada mas Pewe dan mas Priyo yang selalu membimbing para peserta,
  • Ada mas Zen yang suka rusuh di grup, jadi kita para peserta nggak tegang-tegang amat,
  • Ada mbak Monika dengan ketegasannya yang top lah pokoknya, dan
  • Ada mbak Marita dan mba Gemaulani yang siap sedia memberi masukkan kepada kami.

Yang pasti kontribusi mereka mantap. Penuh kesabaran pastinya membimbing kami buat ngoprek blog. Jujur aja awalnya aku nggak kenal sama mereka semua, tapi lihat profesionalitas tanpa batas mereka udah ngebuktiin kalau mereka itu Pro Player di dunia blogger.

Dari penjelasan diatas udah dapat kan gambarannya? Jadi apalagi yang kurang biar kamu yakin kalau Kelas BRT Network ini bisa dibilang tempat yang cocok buat kamu yang pengen blog nya masuk Page One? Biar nggak terkesan ngiklankan Kelas BRT aku kasih pengalaman sedikit selama seminggu ikut kelas.

 

Pengalaman Seminggu Ikut BRT Network

Kelas BRT Network ini dimulai pada tanggal 1 Desember, berarti besok pas genap satu minggu. Tapi, selama satu minggu ini sudah cukup banyak pengalaman yang aku dapatkan dari kelas ini loh. Apa aja coba?

  1. Yang pertama dan biasanya paling utama menurut aku, bisa dapat pengalaman baru dan kenal dengan blogger-blogger baru, terutama mereka yang juga peserta dari kelas BRT ini,
  2. Bisa belajar SEO mulai dari awal, dan pastinya ada yang bimbing (selamat tinggal SEO otodidak aku akan selalu merindukanmu),
  3. Serius dan pantang menyerah, awal aku gabung itu aku cuma pengen blog aku dikenal juga di kalangan blogger, itu aja. Setelah ikut seminggu buyar semua pikiran itu, ternyata ada yang lebih penting, yakni keseriusan dan ketekunan untuk blog,
  4. Aku bisa bikin blog baru lagi. Lah kok bisa? Jadi, gara-gara blog utama aku sedang down dan merasa Kelas BRT ini sangat penting. Jadi, biar nggak kena tendang buruan aku buat blog baru biar bisa lanjut ikut kelas.

Kenapa sampai bikin blog baru sih? Kan bisa undur diri terus ikut kelas bulan depan. Stop menunda-nunda, kalau bisa sekarang kenapa harus nanti.

Bagaimana apa masih kurang untuk membuktikan tempat kursus SEO gratis terbaik ini? Kalau masih kurang, ini aku kasih lagi testimoni peserta seminggu bersama kelas BRT.

 

Apa Kata Peserta Tentang Kelas BRT ini?

Setelah kita semua para peserta selesai dengan masalah SSL, OpenGraph, dan Heading mentor membagi kita dalam beberapa kelompok. Aku masuk dalam kelompok A, yang sepertinya aku anggota terakhir di kelompok itu. Jadi, aku bertanya sama beberapa peserta yang gabung di grup A tentang pendapat Kelas BRT Network ini.

Pertama, ada mbak Nimas Achsani beliau ini blogger yang menulis di blog Mother Story. Tulisan-tulisan beliau juga sangat inspiratif, terutama tentang mengasuh anak. Saya yang masih single aja bisa sampai terkesima dengan tulisan beliau, bagaimana yang sudah berkeluarga ya?

Kurang lebih seperti ini beliau menyampaikan:

Kelas ini kelas yang penuh diskusi, materi dan tugas. Seperti yang saya bayangkan. Dan penuh ada tantangan tersendiri, karena ada toddler di rumah dan no gadget bersama dia jadi solusinya saat mengerjakan tugas malam hari sampai subuh.

Manfaat yang dirasakan sejauh ini adalah pengetahuan yang semakin bertambah, dan banyak hal baru yang bisa didapat di kelas ini. Yang paling menyenangkan itu, bisa bertemu banyak blogger keren dan bisa mendapat ilmu dari mereka, punya teman-teman baru dan tentunya bisa memperbanyak relasi.

Mbak Nimas Achsani ini juga bernasib sama kayak saya. Blog utama beliau juga tiba-tiba down.

Kedua, yang kedua ini saya bertanya sama mas Abdul Majid Syahri biasa lebih akrab dengan panggilan Kang Syahri. Beliau ini pemilik blog Blogger Kalong. Selain blog tersebut, beliau juga punya beberapa blog-blog yang lain. Beliau juga yang mengajak aku untuk ikut gabung di Kelas BRT Network ini.

Kurang lebih di ngomong begini soal Kelas BRT Network:

Banyak ilmu yang sebelumnya belum paham, terutama ilmu tentang template SEO on page dan off page. Dan sekarang sudah bisa lebih paham. Ada kendala yang saya alami, tapi kesulitan tersebut dapat saya atasi dengan meminta bantuan teman blogger yang lebih mahir, browsing di internet dan dari info grup BRT Class Desember.

Banyak manfaat yang saya dapatkan, terutama soal mengoptimalkan blog yang saya kelola. Motivasi terkuat saya agar bisa bertahan di kelas ini terus belajar lebih giat tentang blog, agar blog bisa memiliki traffic lebih besar dan banyak dikenal. Tentunya supaya bisa menjadi blogger sukses.

Nah loh, masa iya udah aku kasih penjelasan panjang lebar masih belum yakin kalau kelas BRT Network ini bisa dibandingkan jadi tempat kursus SEO gratis terbaik? Kalau masih belum yakin, coba deh paksa buat yakin.

 

Akhir Kata …

Lelah juga ngetik ini postingan, nggak terasa malah sampai lebih 1000 kata, jadi penutupnya nggak usah lebar-lebar. Intinya blogger memang punya cara tersendiri untuk optimasi blog, bisa itu dengan cerita konyol, gaya bahasa atau share ke teman-teman dekat.

Tapi setidaknya dengan belajar optimasi blog, tulisan kamu nggak Cuma dibaca temen tapi juga orang yang mungkin nggak kamu kenal loh. Oke sekian, mudah-mudahan dengan ini kamu setuju dengan pendapatku tentang Kelas BRT Network, Tempat Kursus SEO Gratis Terbaik.

 

Kalau pengen banyak tahu, coba nulis. Semakin sering nulis, semakin buat kamu tambah penasaran.

Jangan terlalu berharap artikel ini bermanfaat. Tapi, terima kasih buat kamu yang sudah nyempatin waktu buat baca artikel ini.

69 komentar untuk "Kelas BRT Network, Tempat Kursus SEO Gratis Terbaik"

  1. aku salfok sama blognya yang rapi banget ini

    BalasHapus
  2. > Kenapa sampai bikin blog baru sih? Kan bisa undur diri terus ikut kelas bulan depan.

    Eh. Bulan depan ada lagi kah? Hehehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh... Untung bikin blog baru mas, klo bulan depan beneran nggak ada, nggak tau kapan bisa ikutan lagi ...

      Hapus
  3. Blog baru, tapi langsung rapi jeli meta seo nya ijo semua...
    Ah keren..masya Allah...

    Iya..BRT Network tempat kursus SEO terbaik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil belajar SEO di Kelas BRT Network mbak, langsung praktek ...

      Hapus
  4. klo pengen tau kenapa disebut BRT coba tanya mbak mon atau mas pewe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah terjawab mas, kmarin smpat terbahas di kelas

      Hapus
  5. Bagus banget artikelnya. Jika boleh, aku mau kursus kak?

    BalasHapus
  6. Enak banget kalau sudah menguasai ilmu SEO. Bisa promosiin website apa aja gratis seumur hidup

    BalasHapus
  7. Apakah ada akun sosial media untuk kursus ini bang?

    BalasHapus
  8. kayaknya oke nih Kelas BRT Network

    BalasHapus
  9. Wah jadi pengen ikut, kapan nih kelasnya dibuka lagi

    BalasHapus
  10. nice, lanjutkan bang, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. Semangat belajarnya kak! Aku alumni kelas Juni jadi paham banyak hal seputar blogging yang sebelumnya nggak aku tau. Mau ikutan kelas Desember lagi repot sama kerjaan. Moga jodoh next class

    BalasHapus
  12. Hari gini blogger dapat ilmu gratis dari coach ternama? kesempatan langka.Keren sekali nih kelas BRT Network

    BalasHapus
  13. keren juga kalau ada pelatihan kayak gini, udah bisa bikin website terus belajar SEO. mau sebanyak apa lagi ilmu yang kamu butuhkan kus?

    BalasHapus
  14. Bener banget, tulisan dengan gaya bahasa sendiri tuh sebenarnya bagus, bisa jadi branding.
    Dan branding itu, nggak cuman mendatangkan pengunjung, baca langsung pergi, tapi juga bikin pengunjung betah berlama-lama dan datang sendiri, bahkan mengshare tulisan kita :)

    BalasHapus
  15. memang gak salah yaa mba ikutan kelas brt network, karena ilmunya itu berguna banget untuk para blogger nih

    BalasHapus
  16. ngiriiii...
    pingin banget ikutan Kelas BRT Network
    sayang gak lolos waktu mendaftar
    beruntung ada kewajiban menulis ya?
    sehingga saya kecipratan ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mbak, mudah2an bisa lolos di kelas selanjutnya

      Hapus
  17. Bukan iklan tapi asli menggiurkan sekali. Yang penting harus tahan banting ya

    BalasHapus
  18. Praktik ... Praktik...
    Itu yang harus dilakukan dan konsisten pasca mengikuti kelas ya. Sehingga makin mantap lagi nge-blog nya

    BalasHapus
  19. Bantu jawab mas, BRT = blog ruang tunggu. Itulah kenapa kelasnya selalu ditunggu sama para blogger hihi

    BalasHapus
  20. Baik WP dan BP mengikuti kelas BRT akan menambah wawasan seputar blogging jadi jangan lewatkan kesempatannya

    BalasHapus
  21. Asyiknya bisa ikutan kelas blogging dari BRT dan dilatih langsung oleh blogger-blogger senior. Saya mau ikutan juga dong. Nih filosofinya : BRT atau Blogger Ruang Tunggu. Waktu itu saya dan juga teman-teman blogger sedang ada campaign dari salah satu klien. Selama proses menunggu payment dan campaign selesai, dibuatlah group ruang tunggu khusus blogger yang sedang menunggu proses campaign tersebut. Bahkan waktu sempat ngeramein Twitter juga dengan hastag yang sama. Kurleb seperti itu. Mungkin ada yang kurang, monggo Mba Monica and Mas Pewe bisa menambahkan, hehehe..... Dah ah, nulis komennya kependekan banget ini.

    BalasHapus
  22. Pelurusan motivasi ini penting banget ya. Kalo gak serius, cuma menuh-menuhin grup doang mah mending gak usah. Hehehe. Soalnya kelas BRT itu berattt, kayak Dilan.

    BalasHapus
  23. Jadi penasaran dengan kelas BRT ini hehehe

    BalasHapus
  24. Setuju deh kalau BRT memang tempat kursus SEO terbaik... coachnya mastah semua!

    BalasHapus
  25. mau ikut kelas ini juga, tapi bingung gmn cara daftarnya..
    apa ada instagramnya jadi bisa update infonya ? :)

    BalasHapus
  26. Lagi praktek nih rupanya setelah menimba ilmu di BRT. Semangat yaaa

    BalasHapus
  27. Nggak bakal rugi ikut kelas BRT mbak karena ilmunya daging semua, tapi ya gitu mesti siap mental dan fisik ya. Semangat 🤩

    BalasHapus
  28. Belajar SEO emang penting banget untuk narablog karena biar artikel yang diposting di blog mudah terindeks di halaman pencarian google. Kelas seperti BRT ini bagus untuk diikuti keren soalnya.

    BalasHapus
  29. Kelas BRT bagus diikuti secara rutin kalo ada jadual, SEO jadi meningkat dipandu mentor pengalaman

    BalasHapus
  30. Dari banyak ulasan yang saya baca, jadi berminat untuk ikut kelas ini

    BalasHapus
  31. SEO selalu menarik untuk dipelajari bagi saya. Karena saya suka penasaran sama blognya orang yang mendadak melesat melewati saya dalam semalam masuk di halaman pertama. Padahal saya usahanya sangat keras untuk bisa sampai ke halaman-halaman awal google, hihihiii.

    BalasHapus
  32. Ngeblog zaman sekarang memang gak cukup dengan menulis aja ya. Harus optimalisasi blog juga biar makin mentereng

    BalasHapus
  33. Kelas yang sangat bagus buat blogger. Bisa nambah ilmu dan pengetahuan tentang dunia blogger.

    BalasHapus
  34. Wah asik Kak bisa mengikuti kelas BRT. Meskipun gratis kalau fokus da maksimal menyimaknya, pasti ilmunya bisa diserap secara maksimal ya Kak. Semangaaat, sukses selalu.

    BalasHapus
  35. Materinya padat merapat yaa :) semoga bisa sampai ke garis finish ya .. mantap nih udah punya banyak blog hehe

    BalasHapus
  36. Btw aku jadi kepikiran juga buat blogplanner... makasi banget sharing ilmunya kesini ya kak :)

    BalasHapus
  37. Keren banget..bisa ikut kelas BRT. Jadi pengen ikutan juga, tapi ya kuncinya meluangkan waktu

    BalasHapus
  38. Wah, keren sekali ini kak. Meskipun gratis, tapi ilmunya patut diperhitungkan dan diaplikasikan ya. Pengen juga ikutan kelas seperti ini, tapi liat anak yang hobi akrobat di rumah kok ya mundur alon rasanya. hehe

    BalasHapus
  39. Kelas yang super keren dengan para mentor yang luar biasa
    Aku mupeng berat, tapi belum bisa ikutan nih
    Semoga nanti ada lagi kelas begini dari BRT

    BalasHapus
  40. Gas daftar untuk memperdalam ilmu seo ku.. lumayan kan gratis dapet ilmu lagi,,

    BalasHapus
  41. Makin ke sini kayaknya makin banyak blogger yang belajar SEO ya. Duh aku jadi merasa ketinggalan karena setaun ngeblog masih belum berhasil konsisten nulis tiap minggu mwkwkw. Kudu semangat nih dan ikutan next batch kelas BRT

    BalasHapus
  42. Semangat ikut kelas, banyak banget ilmunya, dengan coach yang sabar mendampingi.

    BalasHapus
  43. Mantapp. dlu aku ikutan ini tuh pas nama kelasnya masih 30 hari menaikkan DA heheh, asyik dehh kalau bisa bertahan sampai akhir. Semangattt

    BalasHapus
  44. Kalo BRT mengadalan pelatihan seintensif ini, saya yakin blogger-blogger di Indonesia buka cuma jago nulis, tapi juga jago SEO. Kelak nanti alumninya bakal membagikan ilmu serupa pada blogger-blogger baru lainnya. Selamat BRT!

    BalasHapus
  45. Seberat itu ya sampai bikin blog baru agar enggak di kick dari kelas. Tapi keren sih ini perjuangan banget, kalau bisa sekarang jangan nanti2 deh. Kalau boleh dapet info dari sini, bisa share juga dong gimana gabung kelas ini. Hehe.

    BalasHapus
  46. kelas BRT ini banyak banget yang ikutan yaa bahkan blogger yang sudah senior juga ikutan. pasti banyak banget dapat ilmu di kelas ini

    BalasHapus
  47. Bersyukur banget bisa ikut kelas BRT, Kak Nur. Jangan lupa terus bagi-bagi ilmunya,ya

    BalasHapus
  48. Dengan Mentor yang menurut saya profesional, pastinya ilmu bloggingnya bisa dimaksimalkan lagi. Begitupun dengan manajemen waktu yaa Mbak, dan kadang harus siap begadang. Hehehee

    BalasHapus
  49. Haha ini yang bikin aku pengen tapi ga pengen ikutan kelas ini... Coding!! Duh aku lemah di bidang ini. Tapi sejujurnya aku pengen penasaran, apalagi hasil MI aku masih ada merahnya wkwkwk

    BalasHapus
  50. Hmm memangnya kenapa kalau postingannya lebih dari 1000 kata mbak? Apa ada ngaruhnya sama SEO?

    Anyway, menarik ya demi survive di kelas SEO ini, dirimu sampai bikin blog baru. Bener-bener salut sama semangatnya.

    Moga2 terus semangat belajar sampai selesai ya. Bagi2 dong ilmunya biar kecipratan pinter dikit-dikit.

    BalasHapus
  51. Sekali lagi nemuin artikel kelas BRT wkwk, jadi pingin ikut, tapi kuliah banyak tugas, mental aman tidak nya ga tau wkwk

    BalasHapus
  52. Dapat ilmu-ilmu baru nih, dimana gratis lagi belajar di BRT. Juga di monitor oleh mentor yang handal.

    BalasHapus
  53. Saya baca ini isinya gak semata-mata kursus SEO ya. Banyak banget pendalaman materi yang bisa didapatkan terkait performa blog. Menarik sekali BRT ini.

    BalasHapus
  54. MasyaAllah keren banget ini blog. Padahal baru aja dibuat, tapi SEO-nya udah oke. Owner-nya jago banget utak-atik blog, nih. Sukses selalu yaaa....

    BalasHapus
  55. betul banget nih Mbak, meskipun gratis tapi ilmunya premium.
    senang bisa dikasih kesempatan belajar di kelas gratis BRT Network Desember ini, jadi semangat optimasi blog, resolusi 2022 blog jadi lebih cakep, meski gak berhasil lulus sampe hari akhir di kelas, huhuhuh

    BalasHapus
  56. Beneran kelas gratis. Tapi gk sembarangan kelas, karena perlu waktu dan tenaga yang ekstra. Ilmunya top markotop.

    BalasHapus
  57. Selamat mba sudah ikut kelas BRT. Kelasnya sangat bermanfaat sangat. Saya ikut yang tahun lalu selama sebulan

    BalasHapus
  58. aku ikut kelas ini, mbak. Ilmunya memang ketje badai

    BalasHapus
  59. Tertarik nih belajar SEO. Untungnya udah ada info BRT

    BalasHapus
  60. Motivasi banget yang suka pengalaman baru, jadi bisa belajar SEO gratis di dampingi sama coach yang lebih dulu berkecimpung di dunia blog.
    Bisa banyak nyerap ilmu baru

    BalasHapus
Back To Top